12 Mei 2008

UMM BERI PENGHARGAAN DOSEN DAN KARYAWAN TERBAIK


(HUSAMAH TERPILIH SEBAGAI MAHASISWA BERPRESTASI)

sumber: www.umm.ac.id

Hari Jumat (2/5/2008), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memeringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, UMM melakukan Upacara Hardiknas di helipad kampus III diikuti oleh seluruh fungsionaris mahasiswa serta dosen dan karyawan. Tampil sebagai Inspektur Upacara rector Dr. Muhadjir Effendy, MAP dan Komandan Upacara Akhirul Wasit (Satpam UMM).
Menurut Kepala Humas Nasrullah, untuk memberi makna mendalam pada setiap peringatan Hardiknas, UMM memberikan penghargaan bagi mahasiswa, dosen dan karyawan terbaik. Mereka adalah orang-orang yang telah menunjukkan prestasi terbaiknya dan diseleksi oleh tim kemahasiswaan dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) UMM. “Tradisi ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu untuk memacu prestasi dan kinerja UMM lebih baik lagi,” ungkapnya.

Tahun ini penghargaan dosen terbaik diraih oleh Ir. Hj. Elfi Anis Saati, MP, dosen Fakultas Pertanian (FP). Sedangkan urutan kedua dan ketiga adalah Dr. Ir. Noor Harini, MS, (FP) dan Fifik Wiryani, SH, M.Si, M.Hum (FH). Mereka dinilai terbaik karena memiliki dedikasi, loyalitas dan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat. Elfi Anis mempunyai hak paten atas “Pewarna Alami Bunga Kana Merah (Canna sp) Untuk Produk Minuman” dan “Produk Pewarna Alami Makanan dari Bunga Mawar Merah (Rosa sp) dan Proses Pembuatannya”. Sedangkan Noor Harini mempunyai hak paten atas “Pengelolaan Cangkang Kerang menjadi Chitosan untuk Bahan Campuran Pelitur”. Sementara itu Fifik Wiryani memiliki karya unggulan berjudul “Alternatif Model Advokasi ‘KIBBE’ Bagi Anak Korban KDRT Sebagi Upaya Perlindungan dan Pemenuhan Hak-hak Anak”.

Penghargaan untuk karyawan berprestasi diberikan kepada Ir. Ahmad Yani, MP, dari Unit Lembaga Pengabdian Masyarakat, H. Sukiman, S.Pd, dari FISIP dan Dewi Khaiyuma, A.Md, dari Fakultas Ekonomi. Mereka diplih berdasarkan seleksi yang sangat ketat dari sekitar 400 karyawan UMM.

Kepala BPSDM, Dra. Vina Salviana DS, MSi mengatakan, pemilihan dosen dan karyawan berprestasi dilakukan sejak dua bulan lalu. Prosesnya, melibatkan berbagai pihak termasuk tim independent yang diambil dari luar universitas. “BPSDM akan terus memacu pengembangan SDM UMM melalui stimulasi-stimulasi dan motivasi yang dirancang khusus. Pemilihan dosen dan karyawan berprestasi hanyalah salah satu program saja,” jelasnya.

Menurut Pembantu Rektor II, Drs. Mursidi, MM mengatakan, kepada dosen dan karyawan berprestasi UMM akan memberikan beberapa penghargaan. Selain nama dan fotonya akan diabadikan di setiap sudut kantor-kantor utama, juga akan memperoleh berbagai fasilitas. Untuk dosen berprestasi diberikan percepatan studi lanjut dan studi banding ke luar negeri, sedangkan karyawan terbaik pertama akan memperoleh fasilitas umroh atau haji, serta studi banding ke lembaga pendidikan tinggi di Jakarta.

Mahasiswa Berprestasi

Sementara itu mahasiswa berprestasi UMM tahun ini diraih oleh Husamah dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Juara pertama akan mewakili universitas melaju ke tingkat Kopertis wilayah VII. Juara II diraih Lailatul Muannisak juga dari FKIP dan juara III diraih Rusli dari Fakultas Peternakan dan Perikanan. Dalam upacara hari ini, UMM juga mengumumkan berbagai prestasi yang di raih di bidang kemahasiswaan. Antara lain sebagai PTS peraih PKM terbanyak, juara I KKTM bidang pendidikan Kopertis VII dan Wilayah Jatim, Bali, NTT dan NTB, juara LKTM Inovatif lingkungan se-Jatim, finalis Kontes Robot Indonesia, Juara I pencak silat Erlangga Cup, Juara taekwondo, juara harapan Raka-raki, serta masuk sebagai finalis Miss Indonesia 2008

Tidak ada komentar: