11 Januari 2008

UMM Raih Juara I LKTI BAZ Jatim dan Artikel se-Indonesia

Sumber: kemahasiswaan UMM
2008-01-09 10:36:40

Mahasiswa Biologi Universitas Muhammadiyah Malang meraih Juara I pada even berbeda. Prestasi tersebut ditorehkan Husamah mahasiswa semester VII pada LKTI BAZ Jatim dan Lomba Tulis Artikel se-Indonesia LPM Bahana Mahasiswa UNRI.<

Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat (BAZ) Propinsi Jawa Timur berlangsung pada 26 Desember 2007 bertempat di IAIN Sunan Ampel Surabaya. Naskah yang masuk ke panitia sejumlah 57 naskah diseleksi untuk diambil 10 terbaik, salah satunya naskah yang ditulis Husamah dengan judul "Gerakan Tabungan Masyarakat Berbasis Zakat (Model Pemberdayaan Masyrakat Miskin Perspektif Islam)".

Dari sepuluh naskah yang harus dipresentasikan di hadapan dewan juri, 2 diantaranya ditulis oleh mahasiswa dan selebihnya ditulis oleh dosen maupun masyarakat umum. Dalam presentasinya Husamah menawarkan tentang ide-ide gerakan tabungan masyarakat berbasis zakat bertujuan memberi kontribusi bagi pemecahan masalah yang mengacu pada kekuatan dan keterlibatan (pemberdayaan) masyarakat. Ada empat pilar zakat yang keberadaannya sangat penting dan tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya yaitu muzakki, mustahik, amil sebenarnya dan amil pendamping.

Amil pendamping berfungsi mendorong amil sesunguhnya menjalankan peran sebagai agent of change. Proses yang dilakukan dengan dialog-dialog panjang. Harapan selanjutnya, mereka sendirilah yang akan melakukan transformasi dengan penguatan masyarakat (empowering the people).

Pengumuman juara yang dirilies pada website situs BAZ Jatim dipublikasikan pada Senin, 7 Januari 2008, sebagai juara I di raih oleh Husamah dari UMM yang selanjutnya diundang untuk menerima penghargaan pada peringatan 1 Muharram 1429 H (10 Januari 2008) di Masjid Agung al Akbar Surabaya.

Sementara itu pada even Lomba Tulis Artikel se-Indonesia dengan tema "Jangan Bajak Budayaku" yang diselenggarakan LPM Bahana Mahasiswa Universitas Riau kembali Husamah mahasiswa Biologi UMM meraih juara I (dipublikasikan panitia pada pada website, Sabtu, 5 Januari 2008) dengan karya tulis berjudul "Mengusung Kembali Mozaik Masyarakat Multikultural (Ikhtiar Minimalisasi Disintegrasi Bangsa karena Budaya). Adapun juara II diraih Siska Frishandini, mahasiswa Akuntansi Unibraw Malang dan juara III diraih M. Idris Azmi Mahasiswa Bahasa dan Sastra Unnes Semarang. **(as)

Tidak ada komentar: